PERAMALAN DERET BERKALA DALAM MENGURANGI BULLWHIP EFFECT PADA SISTEM RANTAI PASOK KOMODITAS SAWIT PADA PTPN VII UNIT BEKRIDwiki Subagdja Darmawan / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2022ABSTRAK Jumlah permintaan konsumen secara tidak langsung akan mempengaruhi jumlah produk yang harus diproduksi. Variabilitas permintaan akan menjadi permasalahan bagi perusahaan karena akan menyebabkan amplifikasi sehingga menimbulkan Bullwhip Effect (BE). BE adalah permasalahan yang disebabkan v... |
MINIMASI PEMBOROSAN PADA PROSES PRODUKSI PCDTO IQF DI PT INDO AMERICAN SEAFOOD DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN MANUFACTURINGAkbar Syahputra Kaloko / Rizqi Wahyudi, S.T.P., M.Sc. / Teknik Industri, 2022Pemborosan menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi pada suatu industri serta sulit untuk disadari keberadaannya, oleh sebab perlu dilakukan identifikasi dan minimalisasi pemborosan yang terjadi pada suatu proses produksi. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu industri pengolahan u... |
Pendekatan Six Sigma dengan Tahapan DMAI Terhadap Kualitas pada Kemasan Gula Rafinasi (Studi Kasus: PT. Sugar Labinta)Ananda Hapsari Putri / Rizqi Wahyudi, S.T.P., M.Sc. / Teknik Industri, 2022PT. Sugar Labinta masih menghasilkan produk cacat secara berulang pada setiap periode produksi. Kecacatan terjadi pada gula rafinasi yang telah dikemas menggunakan karung plastik. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai DPMO dan Level Sigma perusahaan, mengidentifikasi faktor penyebab timbul... |
Minimasi Waste Pada Proses Produksi Tas Pancing di UMKM Swadi Cipta Karya Menggunakan Pendekatan Lean ManufacturingKhoirul Anam / Rizqi Wahyudi, S.T.P., M.Sc / Teknik Industri, 2022Pemborosan menjadi masalah yang keberadaannya perlu untuk diminimasi, karena pemborosan dapat mempengaruhi produktivitas dari suatu usaha. Penelitian ini dilakukan di UMKM Swadi Cipta Karya yang bergerak dibidang konveksi dengan produk utama berupa tas pancing. Tujuan utama dari penelitian ini adala... |
HUBUNGAN SAFETY CLIMATE TERHADAP KETERCAPAIAN STANDAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PT PLN (PERSERO) UPK TARAHANVania Putri Susanto / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2022PT PLN Persero UPK Tarahan merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang telah mendapat gelar Zero Accident. Dalam memperoleh penghargaan tersebut, tentunya banyak hal dan upaya yang telah dilakukan oleh PT PLN (Persero) UPK Tarahan, salah satunya yaitu dalam upaya membangun Safety Climate. Tuj... |
PENENTUAN WAKTU BAKU DENGAN METODE STOPWATCH TIME STUDY PADA PT. JAPFA COMFEED INDONESIA TBK, POULTRY BREEDING DIVISION HATCHERY UNIT SUKAJAWA, LAMPUNG TENGAHAnjas Sukma Kinasih / Rizqi Wahyudi ,S.TP., M.Sc. / Teknik Industri, 2022ABSTRAK Setiap perusahaan perlu mengambil tindakan terkait pengukuran waktu kerja. Proses produksi di PT. JCI dari stasiun terminal, stasiun pullchick, stasiun vaksin, dan stasiun packing masih belum memiliki standar jam kerja di beberapa stasiun yang digunakan sebagai acuan dalam bekerja sehingga ... |
Hubungan Kausalitas Antara Pertumbuhan Ekonomi, Nilai Tambah Sektor Industri, Pengeluaran Rumah Tangga, dan Ekspor di IndonesiaOcky Joi Reza Ginting / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P.,M.Si.,Ph.D. / Teknik Industri, 2022Peramalan adalah hal yang cukup berpengaruh untuk dilakukan demi menciptakan suatu gambaran terkait kejadian di masa mendatang. Pertumbuhan ekonomi, nilai tambah industri, pengeluaran rumah tangga merupakan sektor-sektor yang sangat penting untuk diramalkan untuk mewujudkan kesejahteraan penduduk... |
Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Revisit Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediating (Studi Kasus pada Wood Stairs Cafe)Frimmi Rabiul Duripa / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2022Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara kualitas layanan terhadap revisit intention dengan menggunakan variabel kepuasan konsumen sebagai variabel mediating. Metode yang digunakan yaitu Structural Equation Modelling (SEM) dengan SERVQUAL sebagai skala pengukuran kualitas layanan. Pe... |
Faktor Penentu Kepuasan Konsumen Pada Industri Layanan Makanan: Studi Kasus Pada Cafe Janji Jiwa SukarameRomauli Septania Marito Manurung / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2023Cafe Janji Jiwa merupakan salah satu industri makanan dan minuman yang mengalami persaingan yang semakin ketat dengan industri sejenisnya. Dalam menghadapi persaingan tersebut, maka diperlukan strategi pemasaran yang dapat mendorong peningkatan kepuasan konsumen untuk meningkatkan keuntungan bagi se... |
Analisis Layanan Kualitas dan Kepuasan Pelanggan Pertashop di Kabupaten Agam, Sumatera BaratElsa Maliarta / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan pertashop terhadap kepuasan pelanggan, mengukur indeks kepuasan pelanggan dan menyelidiki masing-masing atribut serta menyumbangkan usulan perbaikan dari usaha pertashop di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Metode CSI dan IPA m... |
Penentuan Waktu Baku Pada Proses Pembuatan Paving Block Berjenis Bata (Studi Kasus : CV.Karya Mandiri Sejahtera Bandar Lampung)Sondang Asinauli Pasaribu / Rizqi Wahyudi, S.T.P., M.Sc. / Teknik Industri, 2023Tenaga kerja memegang peranan yang cukup penting dalam keberlangsungan sebuah perusahaan. Tenaga kerja yang optimal akan berdampak pada pemenuhan target produksi perusahaan dalam hal memenuhi permintaan konsumen. Kemampuan perusahaan dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas tenaga kerja berhubun... |
Penerapan Metode Risk Failure Mode and Effect Analysis Untuk Mengidentifikasi Risiko Pada Asuransi Kargo (Studi Kasus: PT AAB)An De Alvaro Tiopilus Hutajulu / Rizqi Wahyudi, S.TP.,M.Sc. / Teknik Industri, 2023Perusahaan asuransi yang menyediakan layanan asuransi kargo tentu memerlukan sebuah metode untuk menentukan kategori barang yang akan diasuransikan. PT AAB memiliki sebuah guidelines kategori kargo yang diperbaharui setahun sekali. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat pengategorian karg... |
Pengaruh Gamifikasi Terhadap Pengalaman Merek dan Niat Membeli Kembali Konsumen Marketplace Shopee dengan Moderasi Konsep 4RNi Made Ratih Puspitawati / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh implementasi unsur-unsur gamifikasi terhadap pengalaman merek, niat membeli kembali serta efek moderasi Konsep 4R terhadap pengalaman merek pengguna marketplace Shopee. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling melalui kuesioner onl... |
Faktor Penentu Kepuasan Konsumen Pada Kuliner Makanan Arab (Studi Kasus Restoran Ajib Kitchen di Kota Bandar LampungIntan Mulia Hati / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2023Persaingan bisnis yang kompetitif di kota Bandar Lampung khususnya dibidang kuliner mendorong pelaku bisnis kuliner untuk meningkatkan kualitas layanan mereka dengan cara memenuhi kepuasan konsumen. Restoran Ajib Kitchen merupakan salah satu bisnis dibidang kuliner yang menawarkan menu makanan Arab ... |
ANALISIS KONDISI PSIKOSOSIAL MAHASISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERAAmartya Kesty Azzahra / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2023Kondisi psikososial mahasiswa sangat mempengaruhi hasil pembelajaran hal ini diakibatkan oleh beban belajar yang berlebih . Beban belajar yang menyebabkan gangguan psikososial sehingga menurunkan prestasi mahasiswa sampai pada tindakan mencelakai diri sendiri. Penelitian kualitatif ini menggunakan m... |
PERAMALAN PENJUALAN ROTI MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING HOLT DI UMKM ROTI DINAMISTigor Tumanggor / Juniwati Juniwati S.Si., M.T. / Teknik Industri, 2023Peningkatan persaingan dalam sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mendorong perlunya evaluasi dan strategi solutif untuk menghadapi tantangan dan memilih strategi dalam bisnis. Salah satu aspek penting dalam proses bisnis UMKM adalah penjualan, yang membutuhkan peramalan penj... |
ANALISIS KEMUDAHPAKAIAN DESAIN BERANDA DAN ANTARMUKA WEBSITE BERITA DETIK.COM DAN KOMPAS.COMRanda Pereggi Saragih / Fandy Valentino, S.T., M.T. / Teknik Industri, 2023Penggunaan website sebagai sarana informasi merupakan cara yang efektif dibandingkan penggunaan media cetak. Salah satu cara yang digunakan untuk menilai kualitas suatu website adalah dengan melakukan evaluasi terhadap pengalaman pengguna dalam mengakses website tersebut. Penelitian ini bertujuan u... |
Analisis Postur Kerja Pada Divisi Produksi PT Sari Segar HusadaSyifa Ramadhani Luthfi / Fandy Valentino, S.T., M.T. / Teknik Industri, 2023Produksi santan kelapa yang masih dilakukan oleh tenaga manusia secara manual dan berulang-ulang dengan postur tubuh yang tidak ergonomis sering kali dapat menjadi penyebab gangguan otot atau ketidaknyamanan pada beberapa bagian tubuh. Dalam proses produksi, para pekerja diharuskan untuk membungkuk,... |
Identifikasi Gap Analysis dan PDCA terhadap Penerapan ISO 45001:2018 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di RS Graha HusadaReza Annisa Aina'il Mardiyah / Rizqi Wahyudi, S.TP., M.Sc. / Teknik Industri, 2023Rumah Sakit Graha Husada merupakan salah satu Rumah Sakit Swasta di Bandar Lampung yang bergerak di sektor kesehatan. Diketahui RS ini masih memiliki beberapa kasus KAK dan PAK pada kurun waktu 1 tahun ke belakang. Berdasarkan kasus KAK dan PAK tersebut, maka RS perlu melaksanakan program SMK3 sesua... |
Analisis Kepuasan Mahasiswa ITERA Terhadap Layanan Rumah Kos Dengan Metode Klasifikasi Decision TreeLevy Deo Panjaitan / Juniwati Juniwati, S.Si., M.T. / Teknik Industri, 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik produk yang ditawarkan rumah kos, mengidentifikasi faktor-faktor penentu keputusan mahasiswa, dan mendesain model penentu keputusan mahasiswa. Metode yang digunakan untuk membuat model penentu keputusan adalah classification and regressio... |
Faktor Penentu Kualitas Layanan Kawasan Wisata Kuliner Pusat Kebudayaan Dan Olahraga Bandar LampungYose Margaretha Siahaan / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D / Teknik Industri, 2023Kawasan kuliner PKOR merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang menyajikan berbagai olahan makanan dan minuman. Pada era dengan persaingan yang kompetitif, pengelolaan dan pengembangan kawasan wisata kuliner perlu didukung dengan menawarkan kualitas layanan yang lebih unggul dari pesaing ... |
Analisis Kepuasan Pengguna Transportasi Bus Kampus Tayo ITERA Berdasarkan Penilaian Kinerja LayananRuth Kezi Febrianti / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2023Keberadaan bus kampus di ITERA merupakan bentuk fasilitas yang diberikan kampus kepada civitas akademika. Penelitian ini menggunakan metode Service Performance (SERVPERF) sebagai alat ukur kinerja layanan bus kampus tayo ITERA. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara onl... |
Analisis Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien: Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah Bandar LampungDea Asriani Saragih / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2024Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan rumah sakit dengan merepresentasikan dari skala HospitalQual terhadap kepuasan pasien dengan memberikan usulan perbaikan kepada Rumah Saki Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan penga... |